Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekaman Phobos-Grunt yang Jatuh Minggu Depan

Kompas.com - 08/01/2012, 18:39 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wahana antariksa Phobos-Grunt yang diluncurkan Rusia 8 November 2011 lalu untuk menuju Mars gagal melakukan misinya. Wahana itu macet di orbit, tidak berhasil dikontak dan akhirnya akan jatuh ke Bumi dalam rentang waktu 9 - 20 Januari 2012.

Bagaimana kabar wahana itu sekarang? Bagaimana rupa serta pergerakannya jika dilihat dari Bumi?

Astronom amatir asal Perancis, Thierry Legault, berhasil merekam pergerakan Phobos-Grunt dari observatorium di dataran tinggi Calern di dekat kota Nice, French Rivera.

Video ini sedikit banyak menjelaskan sebab jatuhnya Phobos-Grunt. Wahana tersebut diduga tak bekerja karena kehabisan daya. Panel surya yang seharusnya menghasilkan daya justru membelakangi Matahari akibat wahana yang terguling.

Prediksi paling kuat menyatakan bahwa Phobos-Grunt akan jatuh sekitar tanggal 14-15 Januari 2012. Ada potensi wahana tersebut jatuh di wilayah Indonesia sebab dalam rentang 9-20 Januari 2012, wahana itu melintasi tanah air.

Kemungkinan jatuh di daratan kecil. Namun, jika memang jatuh di daratan, terutama di wilayah padat penduduk, masyarakat diminta waspada, tidak mendekati puing wahana apalagi menyentuhnya. Masyarakat diminta melapor ke Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com