Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaki Para 'Sprinter' Mirip Kaki Cheetah

Kompas.com - 02/01/2012, 17:02 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

PENNSYLVANIA, KOMPAS.com - Atlet pelari cepat ternyata memiliki kaki serupa cheetah. Mereka memiliki bagian kaki depan yang lebih panjang dan sendi pada pergelangan kakinya berdekatan dengan tendon achilles. Fakta tersebut terungkap lewat hasil penelitian Josh Baxter, mahasiswa program doktoral di Pennsylvania State University, Amerika Serikat.

Dalam hasil penemuan yang dipublikasikan di Proceeding of the Royal Society B, Baxter menguraikan, kaki cheetah pada pelari cepat memberi keuntungan. Baxter mengatakan, karakteristik tersebut memungkinkan dorongan gaya lebih kuat pada betis. "Jika anda punya kaki depan lebih panjang, anda bisa berkontak dengan tanah lebih lama, membuat anda bisa mendorong lebih baik, dan bergerak ke depan saat lomba lari cepat dimulai."

Penelitian dilakukan dengan mengobservasi kaki pelari cepat laki-laki yang secara rutin berlatih dan berlomba, kemudian membandingkannya dengan kaki laki-laki non pelari cepat bertinggi sama. Tidak jelas apakah kaki yang lebih panjang adalah hasil latihan. "Studi menarik akan mengikuti perkembangan atlet muda, bahkan sebelum pubertas serta mengamati perkembangan mereka," kata Baxter seperti dikutip New York Times, Senin (26/12/2011).

Meski studi ini difokuskan kepada pelari cepat, namun hasilnya bisa bermanfaat secara luas. Hasil bisa memberi petunjuk tentang bagaimana mengobati orang dengan kesulitan gerak serta mengembalikan kemampuan berjalan manusia lanjut usia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com