Tahun Baru, 2 Wahana Antariksa Tiba di Bulan

Kompas.com - 02/01/2012, 15:45 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Tahun 2012 juga dibuka dengan kabar menggembirakan. Dua wahana antariksa NASA, GRAIL A dan GRAIL B, telah masuk ke orbit Bulan dan siap menguak rahasia satu-satunya satelit Bumi tersebut.

GRAIL adalah kepanjangan dari Gravity Recovery and Interior Laboratory. Misi berbiaya 496 dollar US ini merupakan salah satu ambisi NASA untuk kembali mempelajari satu-satunya satelit Bumi.

GRAIL A telah tiba di bulan pada Minggu pagi (1/1/2012) sementara GRAIL B tiba sekitar pukul 4.05 WIB Senin (2/1/2011) dini hari. Keduanya tiba setelah menemupuh waktu 3,5 bulan sejak peluncurannya September lalu.

GRAIL A dan B akan terus bergerak mendekat hingga akhirnya sampai pada jarak cuma 55 km dari permukaan Bulan. Keduanya akan bekerjasama selama 82 hari dan berada pada jarak 121 - 362 km satu sama lain.

NASA akan menggunakan GRAIL A dan B untuk membuat peta detail medan gravitasi Bulan. Peta ini akan membantu ilmuwan menguak komposisi Bulan serta proses pembentukan dan perubahannya.

Ada dugaan bahwa Bulan terbentuk dari objek sebesar Mars yang menghantam Bumi jutaan tahun lalu. Ilmuwan menduga, sebelumnya ada 2 Bulan, tapi satu lagi hancur menumbuk Bulan kita sekarang, hingga hanya tersisa satu.

Misi GRAIL juga berniat mempopulerkan sains pada anak-anak. Saat mengorbit Bulan dari jarak dekat, GRAIL akan mengambil citra permukaan Bulan dan mengirimkannya ke Bumi hingga bisa dinikmati anak-anak.

Seperti diberitakan Space, Minggu (1/1/2012), koleksi data misi GRAIL akan dimulai Maret 2012 nanti. Kita tunggu saja kejutan apa yang akan diberikan oleh dua wahana antariksa kembar ini.