Dua Satelit GRAIL Sudah Berada di Orbit Bulan

Kompas.com - 02/01/2012, 10:16 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com- Satelit GRAIL-B milik NASA tiba di orbit bulan pada hari Minggu (1/1/2012) pukul 22.43 GMT atau Senin (2/1/2012) pukul 05.43 WIB. Dengan demikian, saat ini dua satelit GRAIL (Gravity Recovery and Interior Laboratory) sudah berada di orbit semua, dan siap menjalankan misi menguak misteri inti bulan.

Kedua satelit, GRAIL-A dan GRAIL-B, diluncurkan pada 10 September 2011. GRAIL-A lebih dulu mengorbit bulan, Sabtu (31/12/2011).

"NASA menyambut tahun baru dengan misi penjelajahan baru. Dua pesawat GRAIL kembar ini akan memperluas pengetahuan kita terhadap bulan dan evolusi planet kita sendiri," tutur Administrator NASA Charles Bolden.

Sepasang satelit berukuran mesin cuci dan dikembangkan dengan biaya 500 juta dollar AS (Rp 4,6 triliun) itu saat ini berada pada orbit kutub bulan dengan periode orbit 11,5 jam. Dalam beberapa pekan ke depan, waktu orbit ini akan diperpendek menjadi hanya sekitar dua jam.

Mulai bulan Maret, dua wahana antariksa tak berawak itu akan mulai mengirimkan sinyal radio ke stasiun pengendali di bumi, yang memungkinkan para pakar di bumi membuat peta resolusi tinggi medan gravitasi bulan.

Peta medan gravitasi ini berguna untuk memahami berbagai hal yang terdapat di bawah permukaan bulan guna memahami evolusi benda-benda langit di Tata Surya.

Misi ini juga akan memetakan sisi jauh bulan yang selama ini belum tereksplorasi, untuk membuktikan hipotesis bahwa dulu bumi memiliki dua bulan, yang kemudian bergabung jadi satu.

Dua satelit GRAIL juga diharapkan akan membuktikan teori bahwa bulan terbentuk dari massa bumi yang menyempal saat bumi ditabrak objek sebesar planet suatu waktu jauh di masa silam.