Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gajah Laut Mengembara hingga 29.000 Km

Kompas.com - 19/12/2011, 18:09 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Gajah laut selatan (Mirounga leonina) ternyata berkelana begitu jauh kala migrasi, hingga 29.000 km alias bolak balik New York ke Sydney! Hal ini diketahui dari hasil penelitian Wildlife Conservation Society (WCS) pada seekor gajah laut selatan bernama Jackson.

WCS mulai melakukan rekam jejak terhadap pengembaraan Jackson sejak Desember 2010 hingga November 2011. WCS melakukan tagging pada Jackson di Admiralty Sound di Tierra del Fuego, Cile, dan melengkapinya dengan transmiter satelit sehingga lokasi tepat Jackson bisa dideteksi ketika satwa itu tengah menyembul ke permukaan.

Selama Jackson mengembara, ilmuwan merekam seluruh data untuk mengetahui rute migrasi gajah laut selatan tersebut. Dari hasil analisis, diketahui bahwa Jackson melakukan pengembaraan sejauh 1.600 kilometer ke utara, terhitung dari lokasi pelepasan, 640 kilometer ke barat dan 160 kilometer ke arah selatan.

Caleb McClennen, Direktur Program Laut Global ECS, mengatakan bahwa gajah laut selatan sangat penting perannya untuk mengetahui kesehatan laut dan distribusi spesies yang dimangsa. Penelitian ini memberi petunjuk tentang bagaimana gajah laut selatan menggunakan sumber daya di lingkungannya. Wilayah terkait gajah laut selatan yang diteliti adalah Pantai Patagonia.

WCS telah melakukan pemantauan migrasi pada 60 gajah laut selatan dari Atlantik sejak tahun 1990. Jackson merupakan gajah laut selatan pertama yang dipantau migrasinya dari Pasifik. Gajah laut selatan merupakan salah satu satwa terbesar di muka Bumi. Ukurannya mencapai 6 meter, sementara beratnya mencapai 3,4 ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com