Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Perhotelan di Bali Terus Meningkat

Kompas.com - 19/12/2011, 12:32 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Pasar perhotelan di Bali terus meningkat. Ini terlihat dari pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan maupun dari jumlah penumpang pesawat terbang. Pemerintah Provinsi Bali tahun ini menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara 2,7 juta orang dan wisatawan nusantara lebih dari 10 juta orang.

"Potensi itu dapat pula disimak dari tren peningkatan jumlah penumpang pesawat terbang di bandara Ngurah Rai, Denpasar. Badan Pusat Statistik Provinsi Bali mencatat dalam 6 bulan pertama 2011 jumlah penumpang pesawat yang lewat Bandara Ngurah Rai mencapai lebih dari 3,54 juta orang," kata Moedjianto Soesilo Tjahjono, Presiden Direktur dan CEO PT Intiwhiz International dalam peresmian Hotel Grand Whiz Kuta Bali, Senin (19/12/2011).

Peresmian Hotel Grand Whiz Kuta dilakukan Cosmas Batubara, Presiden Komisaris Intiland didampingi Moedjianto Soesilo Tjahjono, Presiden Direktur dan CEO PT Intiwhiz International dan Sutrisno Winata Direktur PT Wira Intiland Nusantara, mitra yang membangun Hotel Grand Whiz Kuta.

Menurut Moedjianto, jumlah ini meningkat 15 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 3,08 juta penumpang. Mempertimbangkan fakta inilah, Intiwhiz optimistis prospek bisnis perhotelan di Bali sangat menjanjikan. Kendati pun tingkat kompetisinya cukup ketat, namun potensi pasarnya mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun.

“Potensi tersebut bukan hanya dari pasar sektor pariwisata tetapi juga dari kegiatan bisnis. Itu bisa dilihat dari semakin maraknya penyelenggaraan kegiatan MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) baik tingkat regional maupun internasional,” ujar Moedjianto dalam siaran persnya Senin.

Intiwhiz merupakan anak usaha PT Intiland Development Tbk yang bergerak di bidang hospitality management yang mengelola jaringan Whiz Hotel. Perseroan merupakan operator hotel yang akan mengoperasikan hotel Grand Whiz Kuta Bali.

Grand Whiz Kuta adalah hotel bintang tiga di lokasi strategis, di Jalan Kartika Plaza, Kuta, kawasan wisata utama di Bali. Hanya butuh 10 menit untuk mencapai hotel ini dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar.

Pembukaan hotel ini menambah daftar jumlah hotel dari jaringan Whiz Hotel yang sudah beroperasi hingga saat ini. Intiwhiz sebelumnya mengoperasikan dua hotel yakni Whiz Hotel Semarang pada November 2011 dan Whiz Hotel Yogyakarta di bulan Oktober 2010.

Pembukaan hotel Grand Whiz Kuta menjadi tahapan penting bagi Intiwhiz untuk hadir di pulau Bali. Selain di kawasan Kuta, jaringan Whiz Hotel akan hadir pula di dua kawasan wisata terkemuka lainnya di Bali, yakni di Legian dan Nusa Dua.

“Sebagai salah satu magnet pariwisata dunia, wajar kalau ceruk pasar perhotelan di Bali sangat besar, baik dari domestik maupun internasional. Kami paham kompetisi hotel-hotel di Bali sangat ketat, tapi tingkat kebutuhannya juga terus meningkat,” tutur Moedjianto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com