Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Museum Besar Dibangun di Sangiran

Kompas.com - 16/12/2011, 02:32 WIB

Sragen, Kompas - Empat museum besar akan dibangun di empat situs Sangiran di Jawa Tengah. Museum yang terintegrasi dengan lokasi penggalian tersebut berada di lokasi situs yang luasnya sekitar 56 kilometer persegi. Kawasan itu dikembangkan menjadi Pusat Informasi Evolusi Manusia, yang menjadi sumber ilmu pengetahuan dunia.

Ketiga museum itu akan dibangun di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, yakni di kluster Krikilan, Ngebung, dan Bukuran. Adapun satu museum lagi akan dibangun di kabupaten tetangganya, Karanganyar, Jawa Tengah, yakni di kluster Dayu.

Museum di Krikilan merupakan museum terbesar dengan luas 1,6 hektar. Museum itu dibangun sejak tahun 2008 dan diresmikan pada Kamis (15/12). Peresmian tersebut sekaligus memperingati 75 tahun penemuan manusia purba di Sangiran. Penggalian situs Sangiran pertama kali dilakukan pada tahun 1934 oleh Koenigswald dan MWF Tweedle.

Harry Widianto, Kepala Pelestarian Manusia Purba Situs Sangiran, mengatakan, selain memajang fosil-fosil hewan purba, pihak museum juga membuat replika patung-patung manusia serta hewan purba.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryati mengatakan, museum yang dibangun dengan biaya sekitar Rp 37 miliar itu didanai pemerintah, dengan bantuan tenaga ahli dari Perancis. (IND/EKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com