Rabu, 20 Agustus 2014

News / Sains

Yuk, Tonton Hujan Meteor Geminid

Senin, 12 Desember 2011 | 17:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan meteor Geminid yang dimulai 7-17 Desember 2011 akan memuncak Selasa (13/12/2011) malam hingga Rabu dini hari. Yuk, tonton hujan meteor bersama-sama, alias melihatnya ramai-ramai.

Bagaimana cara melihatnya? Pertama-tama, cari tempat yang terbaik. Syaratnya adalah lapang dan minim bangunan yang menghalangi pandangan. Kedua, relatif bebas dari polusi cahaya. Contoh, wilayah pantai.

Jangan lupa menyiapkan jaket atau baju hangat, makanan yang cukup, air panas dan minuman kesukaan. Ini diperlukan karena pengamatan akan berlangsung malam hari. Sebaiknya tak menonton sendiri agar lebih seru.

Hujan meteor Geminid adalah salah satu hujan meteor teramai. Jumlah meteor per jamnya bisa 100-120 buah meteor. Kalau punya kamera yang bagus mungkin bisa digunakan untuk mengabadikannya.

Hujan meteor Geminid sebenarnya sudah bisa disaksikan ketika langit gelap. Untuk melihatnya, bisa melihat ke arah timur. Namun, waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah menjelang tengah malam, mulai sekitar pukul 21.00 WIB. Caranya, cukup melihat ke atas. Hujan meteor bisa disaksikan tanpa alat bantu.

Bersama hujan meteor, bisa disaksikan juga 3 planet, Jupiter, Mars dan Saturnus. Planet akan sebagai titik cahaya kecil. Perbedaannya dengan bintang, planet takkan tampak berkedip.

Jupiter bisa disaksikan pada malam hari, akan terlihat cukup tinggi di langit, sedikit ke barat. Sementara, Mars dan Saturnus bisa disaksikan dini hari saat hujan meteor terjadi.

Jupiter akan tampak berwarna putih. Sementara, Mars akan tampak berwarna merah. Tanpa alat bantu, Saturnus hanya akan tampak sebagai titik cahaya kecil. Teleskop bisa digunakan untuk menyaksikan cincin Saturnus.

Hujan meteor Geminid berbeda dengan hujan meteor lainnya karena berasal dari pecahan asteroid. Nama asteroidnya adalah Pantheon. Asteroid ini mengorbit Matahari dan meninggalkan debu ketika bergerak. Ketika Bumi memasuki wilayah debu, atmosfer Bumi akan membakarnya.

Siap menonton hujan meteor Geminids besok? Berharap saja mendung dan hujan yang sempat menghalangi pengamatan gerhana bulan total 10 Desember 2011 lalu tak terjadi. Pastikan pula mengamati di waktu yang pas sehingga cahaya Bulan takkan "mengaburkan" meteor yang melesat di atmosfer.


Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Editor : Tri Wahono