Katalog Planet Layak Huni - Kompas.com

Katalog Planet Layak Huni

Yunanto Wiji Utomo
Kompas.com - 05/12/2011, 21:20 WIB

PUERTO RICO, KOMPAS.com — Penelitian selama dua dekade telah menemukan sekitar 700 eksoplanet dan eksobulan. Eksoplanet dan eksobulan merujuk pada planet dan bulan yang berada di luar tata surya.

Kini, para ilmuwan mengembangkan Katalog Daya Dukung Kehidupan Planet (HEC) yang memuat daftar beberapa planet yang berpotensi layak huni serta peringkatnya.

HEC dikembangkan Planetary Habitability Laboratory (PHL) di Universitas Puerto Rico, Arecibo. Sebanyak 47 eksoplanet dan eksobulan telah masuk dalam katalog itu.

"Satu tujuan penting dari pemeringkatan ini adalah kemampuan membandingkan eksoplanet dari yang terbaik hingga yang terburuk," kata Abel Mendez, Direktur PHL, seperti dikutip The Epoch Time, Senin (5/12/2011).

Untuk menyusun katalog tersebut, ilmuwan menggunakan data hasil observasi wahana antariksa Kepler. Selain itu, dipakai juga Indeks Kemiripan Bumi dan Jarak Zona Layak Huni.

"Observasi baru dengan observatorium di Bumi dan angkasa akan menemukan ribuan planet dalam beberapa tahun ke depan. Kami berharap analisis di katalog kami membantu mengidentifikasi, menyusun, dan membandingkan potensi planet yang ditemukan," kata Mendez.

Salah satu cara mengklasifikasikan planet adalah membaginya berdasarkan massa dan suhunya. Ini membuat penggolongan eksoplanet mirip seperti Table Periodik Unsur dalam Kimia.

Berdasarkan hasil penyusunan katalog, baru 2 eksoplanet yang bisa dikatakan benar-benar mendukung kehidupan. Keduanya adalah Glises 581d dan HD 85512b. Keduanya banyak memiliki kemiripan dengan Bumi.

Di luar dua planet tersebut, ada 15 eksoplanet lainnya yang masuk daftar. Yang mengagetkan, dari sejumlah 47, ternyata kebanyakan benda langit yang mendukung kehidupan justru Bulan, berjumlah 30 buah.

PenulisYunanto Wiji Utomo
EditorTri Wahono
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM