Senin, 1 September 2014

News / Sains

Serangga Terbesar, Lebih Besar dari Tikus

Jumat, 2 Desember 2011 | 12:49 WIB

SELANDIA BARU, KOMPAS.com - Seorang pecinta serangga berusia 53 tahun asal Colorado, Amerika Serikat, Mark Moffet, menemukan serangga terbesar, disebut Weta Raksasa. Ia menemukan serangga itu di Little Barrier Island, pulau kecil di Selandia Baru.

Weta Raksasa adalah salah satu dari 70 spesies Weta yang ditemukan di Selandia Baru. Spesies ini relatif kurang "sosial" dibanding spesies weta lainnya dan memakan dedaunan, buah dan serangga lain.

"Weta Raksasa adalah serangga terbesar di dunia dan yang kami temukan adalah yang terbesar dari yang pernah ditemukan. Weta Raksasa ini beratnya mencapai tiga kali tikus," kata Moffet seperti dikutip Daily Mail, Kamis (1/12/2011).

Moffet menemukan serangga tersebut setelah dua hari berpetualang di Littel Barrier Island. Setelah menemukannya, ia memberi Weta Raksasa itu makanan berupa wortel.

"Dia sangat menikmati wortel dan mengabaikan fakta bahwa dia sedang ada di tangan kami dan dibawa jauh. Dia akan cepat menghabiskan wortel, tapi ini spesies yang terancam, kami tak mau menggangu pencernaannya. Setelah dia memakan wortel sedikit, saya mengambil gambar dan mengembalikannya lagi ke tempat semula," urai Moffet.

Weta Raksasa yang berukuran besar merupakan contoh gigantisme. Serangga ini bisa tumbuh besar sebab terisolasi di tempat yang minim predator berukuran besar. Di pulau utama Selandia Baru, serangga ini sudah sulit dijumpai karena "tergusur" oleh tikus yang dibawa oleh bangsa Eropa beberapa abad lalu.


Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Editor : A. Wisnubrata
Sumber: