Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembunuhan Orangutan Jangan Terjadi Lagi

Kompas.com - 25/11/2011, 17:38 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Kalimantan Timur Farid Wadjdy mengutarakan, terungkapnya kasus pembunuhan orang utan di Desa Puan Cepak, Kabupaten Kutai kartanegara, menjadi pelajaran berharga bagi Pemerintah Provinsi Kaltim. Sehingga, ke depan, jangan sampai hal itu terjadi lagi.

"Ini pelajaran bagi kita. Jika ada investasi di bidang apa saja misalnya di Kaltim, kita harus lihat kawasan itu. Jangan-jangan merupakan kawasan orang utan atau satwa lain yang bias merasa terganggu. Kasus (pembunuhan orangutan) ini pelajaran berharga, dan menjadi evaluasi. Jangan sampai terjadi lagi," ujar Farid, di Balikpapan, Jumat (25/11/2011).

Farid memberi apresiasi pada para penegak hukum yang bisa mengusut pembunuhan orang utan. kita tunggu penyidikan oleh polisi. "Menurut saya, Polda Kaltim dan jajarannya sudah luar biasa langkahnya melakukan penyidikan," katanya.  

Pembunuhan orangutan di Desa Puan Cepak, Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kaltim ini, terjadi tahun 2008-2010. Tetapi , kasus itu baru terungkap akhir September 2011 lalu setelah media massa marak memberitakan hal tersebut.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com