Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Orangutan Dilepasliarkan

Kompas.com - 21/11/2011, 17:20 WIB
Ichwan Susanto

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Senin (21/11/11), melepasliarkan enam orangutan Borneo di kawasan hutan penyangga Kabupaten Seruyan yang berbatasan dengan Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.

Ini bagian dari 40 ekor orangutan hasil rehabilitasi/perawatan Orangutan Care Center and Quarantine (OCCQ) di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawarigin Barat.

Zulkifli Hasan secara simbolis melepaskan orangutan yang ada di dalam kotak. Selama acara seremoni berupa berbagai sambutan, primata kera besar itu terlihat stres dengan berulang-kali memukul-mukul kotak logam itu.

Sisa 34 orangutan akan dilepas bertahap hingga Februari 2012. Mereka berasal dari OCCQ yang dikelola Orangutan Foundation International.

Kegiatan ini didukung pula PT SMART dan PT APP (Grup Sinar Mas) yang hingga dua tahun mendatang memberikan donasi bagi OCCQ.

Acara pelepasliaran ini dihadiri Wakil Gubernur Kalteng Ahmad Diran, Bupati Seruyan Darwan Ali, Bupati Kotawaringin Barat, Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Darori Wonodipuro, Presiden OFI Prof Birute Galdikas, dan Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com