Wahana NASA Intip Pergeseran Pasir Mars

Kompas.com - 20/11/2011, 06:55 WIB

PASADENA, KOMPAS.com — Seperti di Bumi, gundukan pasir di Planet Mars ternyata juga bisa berubah akibat embusan angin. Meski ini bukan kejadian umum, peristiwa seperti ini setidaknya ditemukan di beberapa lokasi.

Kamis (17/11/2011), Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) mengeluarkan foto-foto dokumentasi dari puluhan lokasi di planet merah yang menunjukkan bukit-bukit pasir bergeser beberapa meter. Diduga, penyebab pergeseran itu adalah embusan angin.

Foto-foto itu diambil menggunakan wahana Mars Reconnaissance Orbiter, yang sudah mengambil gambar-gambar permukaan Mars sejak tahun 2005.

Debu-debu Mars secara terus-menerus diembus angin, meski butirannya terlalu berat untuk berpindah. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Geology, para peneliti sedikit heran karena angin di planet merah itu ternyata lebih kuat dari dugaan semula sehingga bisa memindahkan butiran pasir.