Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unorchid, Kantor PBB Tingkat Provinsi

Kompas.com - 17/11/2011, 21:09 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Kantor Koordinasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Program Pengurangan Emisi dari Deforestrasi dan Degradasi Hutan (REDD+) atau Unorchid diresmikan Sekjen PBB Ban Ki-moon di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (17/11/2011).

Tempat itu merupakan kantor PBB satu-satunya di dunia yang dibangun untuk tingkat provinsi. Kantor PBB umumnya terletak di ibu kota negara. Ki-moon menyatakan gembira dengan dibukanya kantor Unorchid, dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang bersedia menerapkan REDD+.

Menurut Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto, pembukaan Unorchid menjadikan Indonesia sebagai negara satu-satunya yang memiliki dua kantor PBB. Unorchid merupakan bentuk perhatian PBB terhadap perubahan iklim.

Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang menyambut baik peresmian kantor Unorchid untuk mempersingkat birokrasi antara perwakilan PBB di Jakarta dan Pemerintah Provinsi Kalteng. Birokrasi yang terlalu panjang membuat penerapan REDD+ menjadi tidak efisien.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com