Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ekspedisi Cincin Api Gapai Puncak Mahameru

Kompas.com - 17/11/2011, 07:20 WIB
Budiman Tanuredjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas hari Kamis (17/11/2011), pukul 06.15 pagi menggapai Puncak Mahameru 3676 meter di atas permukaan laut.

Ketua Tim Ekspedisi Ahmad Arief mengabarkan hal itu melalui telepon satelit kepada Kompas Kamis. Tim terdiri dari Ahmad Arief, Indira Permanasari, Totok Widjajanto (ketiganya wartawan Kompas) dan Fikria Hidayat (Kompas.com) menggapai puncak Mahameru setelah beberapa kali tertunda karena hujan badai. Mereka sempat membuka kamp di Kalimati, sebelum menggapai Puncak Mahameru Rabu tengah malam.

Perjalanan ke puncak amat berat karena medan berpasir dan berbatuan yang kerap longsor ketika diinjak. Tim Ekspedisi Cincin Api yang merupakan kerja kolaborasi Kompas cetak, Kompas.com dan Kompas TV adalah yang pertama dilakukan media di Indonesia untuk katagori cross media coverage.

Ekspedisi Cincin Api telah menggarap kawasan Gunung Tambora, supervulkano Toba, Gunung Anak Krakatau yang liputannya bisa dibaca di Kompas cetak, Kompas.com dan Kompastv. Mereka juga telah mendaki Gunung Agung dan Rinjani yang laporannya akan segera bisa disaksikan di Kompas, Kompas.com dan Kompas TV.

Ahmad Arief mengatakan perjalanan ke Jawa Timur adalah yang terberat, terutama faktor cuaca ekstrim di Gunung Ijen, Bromo dan terakhir Semeru.

"Perjalanan tertunda-tunda karena cuaca yang sangat buruk. Beruntung kami diberi cuaca cerah sehingga bisa menggapai Mahameru," kata aik, panggilan Ahmad Arief. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com