Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragunan Siap Tampung Bulus Raksasa dari Ciliwung

Kompas.com - 15/11/2011, 23:25 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Taman Margasatwa Ragunan siap menerima bulus raksasa (Chitra chitra javanensis) seberat 140 kilogram yang ditemukan di Sungai Ciliwung kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, pekan lalu.

"Jika memang bulus raksasa tersebut akan diserahkan ke Ragunan, maka kami terbuka untuk menerimanya," kata Kepala Taman Margasatwa Ragunan Enny Pudjiwati saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/11/2011).

Enny akan berupaya agar bulus raksasa tersebut bisa diselamatkan. Namun, pihaknya tidak bisa memaksakan untuk menyerahkannya ke Ragunan sebab ia tidak memiliki otoritas.

Bulus raksasa yang ditemukan kemarin sebenarnya ada dua ekor. Namun, hanya satu yang ditangkap, berukuran 140 cm x 90 cm dengan corak coklat bergaris, dan berjenis kelamin jantan.

"Kami (Ragunan) hanya punya satu Chitra chitra javanensis, jenis kelaminnya jantan," kata Enny. Ia berharap bulus yang ditangkap berjenis kelamin betina sehingga bisa dikembangbiakkan.

Hingga kini belum diketahui jumlah populasi bulus raksasa di Ciliwung. Hewan itu tergolong hewan dilindungi berdasarkan PP7/1999 dan masuk kategori terancam punah di Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Pakar herpetologi LIPI, Mumpuni, mengatakan bahwa langkah terbaik jika pengembalian bulus raksasa ke habitat asli tidak mungkin dilakukan atau justru mengancam adalah mencoba melindunginya di kebun binatang. Hingga saat ini, bulus raksasa itu masih berada di lahan kosong salah satu warga. Bulus diletakkan di satu bak dan terus diberi air.

Chitra chitra javanensis hidup di air tawar dan membenamkan diri di sungai. Satwa tersebut termasuk karnivora, memakan udang dan ikan, biasa bertelur pada musim hujan di sarang sedalam 50-75 cm di pinggiran sungai yang berpasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com