Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Ciliwung Jadi Habitat Kura-kura Raksasa?

Kompas.com - 15/11/2011, 08:53 WIB
Lasti Kurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebelum kura-kura raksasa seberat 140 kilogram ditemukan dan ditangkap Jumat (11/11/2011), warga Tanjung Barat menuturkan, sebelumnya mereka beberapa kali melihat kepala kura-kura muncul ke permukaan.  

Menurut warga, kemunculan kura-kura itu ke permukaan air tidak pernah dalam kondisi seluruh badan. Biasanya hanya kepala atau ekornya yang menyembul. Warga takjub melihat besarnya ukuran kepala kura-kura itu sehingga selama ini tidak ada yang berani menangkap.

Warga baru melihat wujud utuh kura-kura itu saat ditangkap para pemburu bulus di Sungai Ciliwung. Kemunculan kepala kura-kura ke permukaan sangatlah jarang ditemui. Kalaupun muncul dalam sehari itu, warga menengarai hanya melihat satu kali saja.  

Saat ditangkap, kura-kura itu tidak sendiri. Ada dua kura-kura yang terlihat muncul kepalanya ke permukaan. Warga pun meyakini bahwa kura-kura yang seekor lagi adalah pasangannya, yaitu jenis betina yang diduga ukurannya lebih besar.  

Di tengah-tengah kerumunan orang yang menonton lalu beredar isu lagi bahwa seekor kura-kura dengan ukuran yang lebih besar ditemukan juga di Muara Ranco. Namun, kura-kura tersebut telah dibawa pergi sebuah mobil boks. Sayangnya kebenaran isu itu sulit untuk dilacak.  

Saat ini Haji Bombay, yang menyimpan hewan itu di bak penampungan miliknya, berusaha menjaga hewan tersebut tetap hidup. Sepanjang hari, ia bolak-balik hampir 20 kali  mengisi ulang ember air yang digunakannya untuk mengucuri air pada tubuh hewan tersebut agar tetap basah.  

Hewan yang memiliki panjang karapas140 sentimeter dan lebar 90 cm ini, menurut dia, memiliki leher yang panjang. Bila diukur saat leher dan ekornya terjulur, kura-kura itu mempunyai panjang 2 meter.  

Haji Bombay belum berani mengisi penuh bak dengan air karena takut hewan tersebut akan merayap naik keluar bak. Selain itu, ia juga takut hewan tersebut akan menggigit.

Ia siap bila Kebun Binatang Ragunan akan mengambil hewan tersebut. Ia menyerahkan solusi yang terbaik kepada pihak yang berwenang. Namun, apabila kura-kura itu diperbolehkan dipelihara, ia akan mempersiapkan sebuah kolam.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com