Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Rambut Masuk Ramsar Site

Kompas.com - 14/11/2011, 16:55 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pulau Rambut, salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang masuk dalam wilayah DKI Jakarta dideklarasikan sebagai Ramsar Site pada Jumat (11/11/2011) lalu. Demikian dikatakan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, Senin (14/11/2011) di acara Ramsar Covention di Jakarta.

Ramsar Site adalah wilayah lahan basah yang menjadi perhatian utama dalam konservasi dan pengelolaannya. Wilayah lahan basah meliputi rawa, lahan gambut, situ, sungai, dan pesisir.

Masuknya Pulau Rambut sebagai Ramsar Site mengikuti Taman Nasional Wasur, Taman Nasional Danau Sentarum, Taman Nasional Berbak, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, dan Taman Nasional Sembilang. Dengan masuknya Pulau Rambut, jumlah Ramsar Site di Indonesia ada 6 sementara secara global mencapai 160.

"Pulau Rambut ini dipilih karena merupakan tempat burung migran. Kemudian Pulau Rambut ini masuk kawasan konservasi," kata Cherryta Yunia, Direktur Deputi Konservasi Lahan Basah, Kementerian Kehutanan.

Menurutnya, Pulau rambut saat ini mengahadapi masalah karena akumulasi polutan yang masuk dari Jakarta. Ia mengatakan, pengolahan sampah dan recycling perlu dipikirkan.

Cherryta mengungkapkan, "Dengan masuknya Pulau Rambut ke Ramsar Site, kita bisa ikut momen internasional, bersuara di sana. Selain itu juga bisa dibantu expert dan bantuan fisik untuk Pulau Rambut."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com