Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Komodo Perantara ke Pulau Komodo

Kompas.com - 13/11/2011, 16:35 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) penting artinya untuk memperkenalkan komodo kepada wisatawan. Menurut Kepala Museum Komodo Suci Saadiyah, tempat tersebut bisa menjadi salah satu media perantara menuju Pulau Komodo.

"Di sini (TMII) miniatur Indonesia. Apa yang dilihat wisatawan di sini semoga bisa mendorong mereka untuk melihat yang aslinya," kata Suci kepada Kompas.com di TMII, Jakarta, Minggu ( 13/11/2011 ).

Ia menerangkan, pihaknya sebagai bagian dari TMII berupaya menghadirkan keanekaragaman kekayaan alam dan budaya Indonesia kepada pengunjung. Museum yang dikelola pihaknya menyajikan keanekaragaman fauna dan reptil Indonesia, dengan andalannya komodo.

Di tempat itu terdapat seekor komodo yang terlihat lebih jinak dan dapat didekati dengan cukup leluasa oleh pengunjung. "Setelah melihat yang di sini, orang bisa terdorong untuk melihat langsung kehidupan komodo dan alam yang jadi habitat aslinya di Pulau Komodo," terang Suci.

Di museum berdesain komodo raksasa ini pada Jumat ( 11/11/2011 ) diadakan penggalangan dukungan bagi terpilihnya komodo dalam ajang pemilihan tujuh keajaiban alam yang baru. Penggalangan dukungan ini dihadiri secara langsung oleh Duta Komodo Indonesia H. M. Jusuf Kalla bersama isteri Ny. Mufidah Kalla. Mantan wakil presiden ini berharap kemenangan komodo akan menjadi kebanggaan seluruh bangsa Indonesia. Dampak lanjutnya adalah meningkatnya kunjungan wisatawan yang berbuah tambahan pendapatan bagi negara maupun anggota masyarakat yang berelasi langsung dengan wisata komodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com