Sebuah Asteroid Akan Menabrak Bulan?

Kompas.com - 07/11/2011, 13:39 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Asteroid 2005 YU55 akan melintas di dekat Bumi Rabu pagi (9/11/2011) kira-kira pukul 05.28 WIB. Asteroid besar pertama yang melintas dekat Bumi dalam 35 tahun terakhir ini dipastikan tidak akan menumbuk Bumi. Namun, mungkinkah asteroid tersebut akan menumbuk Bulan?

2005 YU55 akan melintas pada jarak 325.000 km dari Bumi. Jarak tersebut masuk orbit Bulan. Don Yeomans, direktur program pengamatan obyek angkasa dekat Bumi di Jet Propulsion Laboratory NASA berandai-andai bahwa jika asteroid tersebut menumbuk Bulan, dampaknya akan cukup signifikan.

"Asteroid itu tak akan menggoyangkan Bulan sama sekali, tetapi akan menciptakan kawah tumbukan setidaknya selebar 4 km. Ini signifikan, tetapi kecil dibanding kawah Bulan lain," ujar Yeomans seperti dikutip Space.com, Jumat (4/11/2011).

Sebagai perbandingan, kawah terbesar Bulan saat ini, South- Pole-Aitken Basin, memiliki diameter 2.500 km, ratusan kali lebih besar daripada yang mungkin terjadi akibat 2005 YU55.

Yeomans mengatakan, 2005 YU55 melintas Bumi sekali dalam 100.000 tahun. Karena Bulan lebih kecil, peristiwa itu mungkin hanya terjadi sekali dalam beberapa ratus ribu tahun.

Jika 2005 YU55 menumbuk Bulan, sejumlah debu dari satelit Bumi akan bertebaran, bergerak cukup cepat ke atas permukaan Bulan hingga jarak 384.000 km ke arah Bumi. Dikatakan Yeomans, beberapa debu yang bertebaran ke angkasa mungkin terbakar di atmosfer Bumi. Namun, ada pula debu yang berhasil lolos hingga sampai permukaan Bumi.

Menurut Yeomans, sebuah benda angkasa hanya bisa menghancurkan Bulan lewat tumbukan bila ukurannya juga mendekati Bulan. "Tidak ada asteroid yang bisa melakukan itu. Asteroid terbesar yang melintas Bumi saat ini hanya berukuran 8 k."

Asteroid 2005 YU55 yang hanya berdiamater 400 meter dengan demikian juga tak akan mampu menghancurkan Bulan. Menurut Yeomans, 2005 YU55 dan Bulan pun bahkan tak akan bertemu dan bertumbukan.

Pasalnya, ketika asteroid 2005 YU55 melintas, Bulan sedang ada di sisi Bumi yang lain menuntaskan rotasinya. Keduanya terpisah sejauh 240.000 km. Jadi intinya, tak perlu khawatir 2005 YU55 akan menghancurkan Bulan yang kita cintai.