Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Selasa, Asteroid Raksasa Melintas Dekat Bumi

Kompas.com - 05/11/2011, 13:10 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com — Sebuah asteroid raksasa, yang ukurannya lebih besar dari sebuah kapal induk, akan melintas di antara Bumi dan Bulan, Selasa (8/11/2011) mendatang. Ini adalah posisi lintasan asteroid terdekat dengan Bumi dalam 35 tahun terakhir.

Menurut berita dari Associated Press yang dilansir Sabtu (5/11/2011), titik terdekat lintasan asteroid itu dari permukaan Bumi akan terjadi pada Selasa pukul 23.28 GMT (petang hari waktu AS bagian timur atau pukul 06.28 WIB), saat asteroid raksasa itu akan berjarak hanya 325.000 kilometer dari Bumi.

Para ilmuwan mengatakan penduduk Bumi tak perlu khawatir karena asteroid ini tidak akan membawa pengaruh apa pun, apalagi menabrak Bumi.

Asteroid bernama 2005 YU55 ini berbentuk bulat dengan diameter sekitar 400 meter dan akan melintas dengan sangat cepat. Pengamat di Bumi tak akan bisa mengamati langsung asteroid ini dengan mata telanjang karena ukurannya akan menjadi sangat kecil pada jarak sejauh itu.

"Anda paling tidak membutuhkan teleskop dengan ukuran cermin 6 inci untuk melihatnya," tutur Scott Fisher, Direktur Program Divisi Ilmu Astronomi di Yayasan Sains Nasional AS.

Asteroid ini masuk dalam kelompok 1.262 asteroid besar (berdiameter lebih dari 150 meter) yang oleh Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) dikategorikan memiliki "potensi bahaya" terhadap Bumi.

Jika salah satu asteroid raksasa ini menghantam Bumi, maka akan terjadi malapetaka global, seperti yang pernah terjadi jutaan tahun silam dan memusnahkan dinosaurus dari permukaan Bumi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com