Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situ Cipondoh Tertutup Eceng Gondok

Kompas.com - 05/11/2011, 12:30 WIB
Ichwan Susanto

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Meski musim pancaroba menuju musim hujan telah tiba, permukaan air Situ Cipondoh di Kota Tangerang masih tertutup eceng gondok.

Sejauh mata memandang, Sabtu (5/11/2011), tampak tumbuhan ini sudah menumbuhkan bunga berwarna ungu. Di pintu air dekat jembatan di pinggir Jalan Raya KH Hasyim Ashari, tiga orang berkaus lengan panjang berwarna biru tampak berjibaku menarik dan menaikkan tumbuhan berserat kuat itu dari air ke pinggir jalan.

Pembersihan dengan cara manual ini tak bisa berlangsung cepat. Menurut seorang karyawan sebuah warung makan di pinggir Situ Cipondoh, pembersihan danau seluas 120 hektar itu dilakukan jika kepadatan eceng gondok terlanjur rapat. Penutupan eceng gondok juga membuat danau yang setiap hari dipadati pemancing ini tampak sepi.

Tali kail dipastikan tersangkut tanaman itu ketika dilemparkan dari batang pancing. Keberadaan eceng gondok ini pun dikhawatirkan menyebabkan sumbatan di pintu air ketika musim hujan tiba.

Jika itu terjadi, air tidak dapat mengalir dan bisa membanjiri situ yang terletak di Kecamatan Cipondoh dan Pinang itu. Situ Cipondoh ini memiliki 3 pintu air berupa 2 pintu irigasi dan 1 pintu air ke Sungai Cisadane.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com