Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Bisa Simpan Sperma Hingga 5 Tahun

Kompas.com - 25/10/2011, 17:31 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Ular bisa menyimpan sperma hingga 5 tahun. Inilah hasil penelitian Warren Booth dari orth Carolina University.

Pendapat itu diungkapkan berdasarkan kejadian pada ular jenis Crotalus adamanteus yang dipelihara secara privat oleh sebuah keluarga mulai tahun 2005.

Pada tahun 2010, Setelah lima tahun dan tak bertemu dengan ular mana pun, secara tak terduga ular itu melahirkan 19 anakan.

Beberapa jenis ular memang bisa berkembangbiak tanpa perkawinan. Namun, ketika Booth menganalisa DNA anakan dari ular Crotalus adamanteus itu, ternyata ada beberapa DNA yang tidak dimiliki sang induk.

Ia pun berpendapat bahwa ular tersebut pernah kawin sebelum dipelihara dan bisa menyimpan sperma selama 5 tahun. Diuraikan New Scientist, Senin (24/10/2011), Sebelumnya pernah ada pendapat bahwa ular bisa menyimpan sperma seama bertahun-tahun tapi belum memiliki bukti. Analisa DNA yang dilakukan Booth menjadi bukti genetik pertama dari pendapat tersebut.

Booth menambahkan, jenis ular lain bisa menyimpan sperma dalam waktu lebih lama lagi. "Berapa lama, silahkan tebak," katanya singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com