Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggrek Indonesia Banyak Dicuri

Kompas.com - 23/10/2011, 20:54 WIB
Maria Serenade Sinurat

Penulis

SUNGGUMINASA, KOMPAS.com- Keragaman spesies anggrek yang dimiliki Indonesia justru kerap diabaikan oleh pemerintah setempat. Tak heran, banyak anggrek lokal yang dicuri dan dikembangkan di luar negeri.

"Banyak anggrek kita dicuri dan dibawa ke luar negeri. Saat ini kan mudah, tinggal bawa batangnya saja lalu dikembangkan dengan kultur jaringan," ujar Riantini Wanandi, Ketua Bagian Promosi dan Produksi Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI), Minggu (23/10/2011).

Di Indonesia, diperkirakan terdapat ribuan spesies anggrek yang 500 di antaranya bernilai komersial. Kendati demikian, dokumentasi bahkan konservasi beberapa spesies anggrek yang endemis bisa dikatakan minim.

Untuk menyebut salah satunya, Phalaenopsis amabilis var celebica sebagai plasma nutfah Sulawesi justru terancam oleh pertambangan nikel di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Sebagai langkah awal, PAI tengah mendokumentasikan keragaman anggrek di semenanjung Sulawesi. Namun, ke depan dibutuhkan strategi konservasi yang efektif.

"Saat ini, fokus pemerintah tentu bukan anggrek, tetapi pangan. Jadi sulit untuk mengembangkannya," ujar Riantini.

Padahal, anggrek bisa menyejahterakan petaninya jika diseriusi. Harganya yang relatif mahal membuat pasar bunga ini terbatas namun selalu ada. Petani juga bisa memproduksi bibit untuk memenuhi permintaan luar negeri.

Di Sulsel, saat ini terdapat Kebun Bunga Rania di Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, yang dikelola Mufidah Jusuf Kalla. Kebun seluas 2.000 hektar ini memfokuskan diri pada upaya kawin silang anggrek bulan. Dari kebun ini juga diharapkan dapat dihasilkan bibit yang akan dijual dengan harga rendah kepada petani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com