Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesempatan Terakhir Melihat Satelit ROSAT

Kompas.com - 19/10/2011, 14:42 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Minggu ini mungkin akan menjadi saat terakhir bagi kita untuk melihat Roentgen Satellite (ROSAT) milik Jerman yang diluncurkan tahun 1990 dan telah dinonaktifkan sejak 1999. Seperti diberitakan sebelumnya, ROSAT akan kembali memasuki atmosfer Bumi antara 22-24 Oktober 2011.

Saat ini, ROSAT diperkirakan tengah bergerak di orbit sirkuler Bumi pada ketinggian 236 km dengan kemiringan 53 derajat. Dengan demikian, ROSAT terlihat dari zona mana pun di Bumi yang dihuni manusia.

Satelit hanya akan tampak ketika disinari Matahari dan observer di Bumi berada pada zona dengan langit gelap. Ini berarti bahwa satelit ini kemungkinan besar terlihat dini hari sesaat setelah Matahari terbenam dan sebelum Matahari terbit. Dengan kondisi lingkungan yang mendukung, satelit bisa terlihat bergerak dengan kecepatan tetap.

ROSAT adalah satelit yang sangat kecil, jadi tak seperti International Space Station (ISS), ROSAT mungkin akan tampak tak begitu terang. Astronom biasanya mengukur kecerlangan suatu benda dalam skala magnitud, dimana angka rendah merujuk pada objek yang lebih terang. Dalam rangking, ISS mencapai kecerlangan magnitud -2 sampai -4, sama atau bahkan menandingi Jupiter dan Venus.

Bintang paling terang, seperti Vega dan Deneb, memiliki magnitud 0 sampai 1. Bintang yang cukup terang seperti Polaris termasuk dalam magnitud kedua, sementara bintang dengan kecerlangan sedang masuk dalam magnitud ketiga dan bintang redup masuk dalam magnitud keempat.

ROSAT akan tampak dalam magnitud ketiga hingga keempat. Jadi, tak seperti ISS yang bisa begitu mudah dilihat di kota besar, ROSAT harus dilihat di wilayah dengan langit cukup gelap dan minim polusi cahaya.

Karena sedang bergerak jatuh ke Bumi, ROSAT mungkin akan tampak berkedip-kedip. Sedikit letupan kecil mungkin juga bisa disaksikan ketika ROSAT merefleksikan sinar Matahari.

Nah, kapan saat paling tepat untuk melihat ROSAT terakhir kalinya? Anda bisa membuka situs spaceweather. Klik link Satellite Tracker dan pilih menu Global Flybys. Setelahnya, tinggal masukkan kota tempat tinggal dan wilayah tempat tinggal yang lebih spesifik. Beberapa wilayah mungkin tak berkesempatan melihatnya.

Berdasarkan publikasi Space.com Selasa (18/10/2011), seluruh wilayah Amerika Utara dan Eropa bisa melihat satelit ini. Untuk mengetahui apakah bisa melihat dan waktu paling tepatnya, bisa dilihat di website di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com