Fosil Piton Berusia 15 Juta Tahun Ditemukan di Jerman

Kompas.com - 18/10/2011, 10:07 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Fosil ular piton berusia 15 juta tahun ditemukan di Jerman selatan. Penemuan fosil piton ini menjadi petunjuk bahwa piton di masa lalu hidup tersebar jauh hingga belahan bumi utara.

Berdasarkan analisis pada tujuh ruas tulang belakang hewan melata itu, ilmuwan mengatakan bahwa piton yang ditemukan berukuran 3,5 meter.

Fosil piton ini ditemukan 80 kilometer di barat laut kota Munich, Jerman. Ini tak biasa sebab umumnya fosil piton ditemukan di wilayah tropis Asia dan Afrika.

"Dengan penurunan temperatur yang terjadi tiba-tiba 14 juta tahun lalu, takdir piton ini telah disegel," kata Madeleine Boehme, palaentolog dari University of Tubingen yang terlibat penelitian ini, seperti dikutip AFP, Senin (17/10/2011).

Penemuan ini merupakan hasil kerja sama antara University of Tubingen dan Masaryk University di Brno, Ceko.