Jusuf Kalla Jadi Duta Pulau Komodo - Kompas.com

Jusuf Kalla Jadi Duta Pulau Komodo

Ilham Khoiri
Kompas.com - 02/10/2011, 20:47 WIB

POSO, KOMPAS.com — Komunitas Penggalangan Pemenangan Komodo sebagai tujuh keajaiban dunia yang baru (The New Seven Wonders) mendaulat mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai Duta Besar Pulau Komodo. Dengan begitu, perjuangan untuk menempatkan pulau yang menjadi habitat kadal purba raksasa itu sebagai tujuh keajaiban dunia terus dilanjutkan.

Saat berkunjung ke Poso, Sulawesi Tengah, Minggu (2/10/2011), Kalla mengatakan, dirinya diminta untuk menjadi Duta Besar Pulau Komodo, Jumat lalu. Politisi yang kini menjadi Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu langsung menyatakan kesediaannya.

”Jika Pulau Komodo masuk tujuh keajaiban dunia, itu promosi luar biasa yang bisa memajukan pariwisata di pulau tersebut dan akhirnya memakmurkan ekonomi masyarakat. Berapa banyak peningkatan jumlah turis yang akan datang. Itu akan memberi citra positif bagi bangsa Indonesia sekaligus memajukan pariwisata kita,” tuturnya.

Kalla menjelaskan, saat ini ada 28 finalis dari seluruh dunia yang masuk dalam The Seven Wonders. Salah satunya Pulau Komodo. Penilaian pemenang berdasarkan jumlah dukungan lewat pesan pendek (SMS) terbanyak yang dikirimkan lewat nomor 9818.

”Untuk bisa menang, kami menargetkan bisa mengumpulkan 100 juta dukungan SMS. Waktu pengumpulannya tinggal 39 hari lagi,” katanya.

Menurut perhitungan sementara, pengguna telepon seluler di Indonesia sekarang mencapai sekitar 140 juta orang. Jika sebagian besar mau mengirim dukungan, tentu Pulau Komodo bisa menang.

Masyarakat bisa ikut membantu dengan menulis kata ”Komodo” dan mengirimkannya ke nomor 9818. ”Kalau kita menang, Pulau Komodo bisa jadi seperti Bali kedua,” ujarnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisIlham Khoiri
    EditorNasru Alam Aziz