Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mbou, Reptilia Mirip Komodo, Ditemukan di Ende

Kompas.com - 29/09/2011, 23:30 WIB

ENDE, KOMPAS.com Reptilia mirip komodo (Varanus komodoensis) ditemukan di kawasan Tanjung Watumanu, Desa Kotabaru, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Fauna unik yang disebut mbou dalam bahasa masyarakat setempat ditemukan tim dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ende dan lembaga swadaya masyarakat Swisscontact ketika melakukan survei bulan Juli 2011.

"Survei terhadap hewan ini sebenarnya sudah beberapa kali dilakukan tahun-tahun sebelumnya, tetapi belum pernah berhasil ditemukan. Baru kali ini survei dengan menggunakan perangkap kambing, hewan ini muncul sekitar lima ekor," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ende, Kosmas Nyo, Kamis (29/9/2011) di Ende.

Bentuk tubuh mbou lebih kecil dibandingkan dengan komodo yang terdapat di Kabupaten Manggarai Barat dan di Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

"Kami akan berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk memastikan apakah hewan ini memang sejenis komodo," kata Kosmas.

Secara terpisah, Community Development Program Officer Swisscontact, Baban Hamdan, mengatakan, bentuk tubuh mbou mirip dengan komodo yang terdapat di Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur.

Ketua Forum Demokrasi, Lingkungan Hidup, dan Kebudayaan, Rofino Kant, yang juga pernah bergabung dengan The Nature Conservancy, pengelola Taman Nasional Komodo, berpendapat, untuk memastikan apakah mbou termasuk dalam spesies komodo perlu dilakukan tes DNA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com