Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cicilan Utang LN Dialihkan untuk Konservasi

Kompas.com - 29/09/2011, 12:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Pembayaran pinjaman program pemerintah Indonesia kepada pemerintah Amerika Serikat senilai 28,5 juta dolar Amerika Serikat dialihkan untuk mendanai program konservasi hutan di Kalimantan. Nota kesepahaman mengenai skema tersebut ditandatangani di Jakarta, Kamis (29/9/2011).

Pemerintah Indonesia dalam kesempatan itu diwakili Direktur Strategi dan Portofolio Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Ayu Sukorini, sementara dari Pemerintah AS diwakili Acting Deputy Chief Mission Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia James Caruso.

Menurut Ayu, skema tersebut tidak menghapuskan kewajiban membayar utang Indonesia. Hal itu tetap harus dibayar sesuai jadwal. Namun, uangnya tidak dibayarkan ke pemerintah Amerika Serikat melainkan, ke Trust Fund yang akan mengelola dana untuk kegiatan konservasi di Indonesia.

Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Kementerian Kehutanan Hartono, program konservasi dari dana pengalihan utang tersebut akan dilakukan di tiga kabupaten di Kalimantan, yakni Kapuas Hulu, Kutai Barat, dan Berau.

Bentuk konservasinya antara lain restorasi hutan dan peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com