Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Perahu di Festival Raja Ampat

Kompas.com - 27/09/2011, 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja Ampat kembali menyuguhkan alternatif wisata yang menarik di akhir Oktober mendatang. Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat akan menyelenggarakan Festival & Travel Mart Raja Ampat yang akan digelar di Pantai Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat pada tanggal 20 hingga 23 Oktober 2011.

Tahun ini, festival dilaksanakan pada bulan Oktober karena kondisi ombak sedang tidak tinggi sehingga para peserta festival bisa mengikuti kegiatan naik perahu berkeliling kepulauan dengan nyaman.

“Penyelenggaraan Festival & Travel Mart Raja Ampat kedua kalinya ini merupakan program untuk mempromosikan alternatif wisata lain di Raja Ampat selain wisata diving,” kata Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat Niko Ramadei saat konferensi pers di Jakarta Pusat, Senin (26/9/2011).

Niko menuturkan, selama ini Raja Ampat hanya dikenal dengan wisata bahari, terutama kegiatan menyelam. Padahal masih ada berbagai jenis wisata lain yang bisa dilakukan di Raja Ampat. Tidak hanya wisata alam, festival ini juga akan mempromosikan wisata budaya khas Raja Ampat.

Raja Ampat mempunyai potensi wisata landscape karena pesona keindahan alamnya. Wisatawan bisa melakukan tracking di pegunungan sekitar kepulauan Raja Ampat untuk melihat keindahan laut dari puncak pegunungan.  

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat menikmati kegiatan bird watching cenderawasih merah khas Raja Ampat tanpa harus masuk ke dalam hutan. Salah satu panitia penyelenggara festival, Anta Suanta, menuturkan dalam festival ini akan diadakan lomba foto bawah laut (underwater) dan juga lomba foto landscape.

“Pelaksanaan lomba foto pada tanggal 17 Oktober hingga 19 Oktober 2011, dilanjutkan dengan festival pada tanggal 20 Oktober 2011 yang akan menampilkan tarian, kuliner, dan pesona budaya khas Raja Ampat,” kata Anta.

Tahun 2010 lalu, lanjut Anta, Festival Raja Ampat ini dilaksanakan untuk memperingati ulang tahun Kabupaten Raja Ampat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com