Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Sisa Waktu SBY Proteksi Hutan

Kompas.com - 27/09/2011, 13:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan tiga tahun terakhir pemerintahannya akan digunakan untuk menjaga hutan tropis di Indonesia. Keputusan ini penting mengingat hutan bagi Indonesia merupakan sumber daya alam yang strategis bagi kehidupan masyarakat, ekonomi, dan lingkungan.

"Saya akan melanjutkan pekerjaan saya dan mendedikasikan sisa tiga tahun masa jabatan saya sebagai Presiden untuk menjaga dan meningkatkan lingkungan dan hutan Indonesia," kata Presiden, Selasa (27/9/2011) di Jakarta, saat membuka Konferensi Internasional Forests Indonesia: Alternative futures to meet demands for food, fibre, fuel, and REDD+.

Presiden menandaskan keberhasilan Indonesia dalam melakukannya akan menentukan masa depan dan kesempatan bagi generasi mendatang. Indonesia kehilangan sekitar 1,1 Juta hektar hutan per tahun.

Sebagian besar disebabkan penebangan yang tak berkelanjutan seperti penggunaan areal hutan bagi perkebunan sawit dan kertas. Selain itu, penebangan Ilegal turut menyebabkan kerugian negara sekitar 4 miliar dollar AS per tahun.

"Kita harus mengubah langkah kita dalam mengelola hutan sehingga terlindungi meskipun kami harus berat dalam mempercepat pertumbuhan Ekonomi," ucapnya.

Bahkan Presiden Yudhoyono mengatakan dirinya tak ingin pada masa mendatang harus menjelaskan kepada cucunya, Almira, Indonesia tidak dapt menjaga hutan dan warga yang tergantung pada hutan. "Saya tak ingin mengatakan padanya (Almira) berita yang menyedihkan bahwa harimau sumatera, badak, dan orangutan punah seperti dinosaurus," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com