Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibangun, Pusat Pelatihan REDD+ Palangkaraya

Kompas.com - 21/09/2011, 13:45 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Kalimantan Tengah sebagai pilot project program REDD+ melengkapi diri dengan bangunan Pusat Pelatihan REDD. Diharapkan, sarana ini melengkapi kebutuhan informasi dan pemahaman masyarakat akan program, manfaat, serta mekanisme REDD+.

Bangunan itu terletak di Jalan Yos Soedarso Nomor 8 Palangkaraya, tepatnya satu kompleks dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Provinsi Kalteng. Gedung baru bercat putih dan genteng merah berada di sebelah kiri Kantor Kesbanglinmas. Di sebelah kanan bangunan Pusat pelatihan itu terdapat Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Pengujian Dinas Kelautan dan Perikanan.

Pemantauan Kompas, Rabu (21/9/2011), pintu-pintu bangunan itu masih terkunci. Tidak ada seorang pun tampak di dalamnya. Namun, ketika melongok melalui kaca rayban, di dalamnya tampak beberapa ruang seperti ruang soundsystem, ruang pertemuan, ruang rapat.

Kursi, televisi layar datar, serta seperangkat komputer pun telah tersedia. Menurut informasi, bangunan itu mulai dibangun sekitar bulan Mei 2011. "Katanya untuk bule-bule," kata warga setempat ketika ditanya peruntukan gedung itu.

Sehari sebelumnya, Gubernur Kalteng Teras Narang mengatakan, training center itu bisa disediakan untuk memberikan informasi dan pemahaman akan isu ataui mekanisme pengurangan emisi melalui pencegahan kerusakan hutan dan deforestasi (REDD+). "Nanti wartawan juga bisa pakai," ucapnya di sela-sela penyelenggaraan Governors' Climate and Forests Task Force di Palangkaraya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com