Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GE Tawarkan Mesin Biogas Kapasitas Kecil

Kompas.com - 27/08/2011, 18:58 WIB

NASHVILLE, KOMPAS.com — General Electric (GE), produsen mesin-mesin berukuran besar, menawarkan produk barunya bernama Waukesha APG1000.

Mesin ini dapat digunakan untuk membangkitkan listrik bertenaga biogas pada kapasitas kecil atau lingkungan rumah tangga sebesar satu megawatt. Mesin ini bisa dihidupkan dengan beragam sumber biogas, mulai dari sampah ditempat pembuangan akhir, limbah air, dan limbah pertanian.

"Sistem bahan bakar biogas pada APG1000 membuat sebuah perkembangan yang signifikan pada stabilitas mesin, selain fluktuasi nilai panas yang dihasilkan dari biogas yang maksimal. Mesin ini akan bermanfaat bagi TPA (tempat pembuangan akhir) sampah ukuran kecil," ujar Bob Weston, Direktur Pelaksana Entec Services Limited di Nashville, Sabtu (27/8/2011).

Menurut Bob, sistem baru yang ditanamkan dalam APG1000, memungkinkan respons yang otomatis atas fluktuasi pemberian bahan bakar gas yang menghasilkan pemanasan yang lebih cepat.

"Pengoperasian mesin dapat lebih dipercaya, sehingga menghasilkan hasil yang konsisten, dan dapat meminimalkan intervensi secara manual. Ini dapat memberikan ongkos operasional yang lebih rendah dan meningkatkan pendapatan bagi operatornya," ujarnya.

Sebelum ini, GE telah mengakuisisi Dresser Inc, induk perusahaan yang menghasilkan mesin Wakuesha. Akuisisi ini merupakan awal dari keinginan GE untuk menghasilkan mesin-mesin pembangkit listrik, yang dapat digunakan untuk kapasitas kecil.

"Pembaruan mesin biogas Wakuesha APG1000, menolong penggunanya untuk memenuhi tuntutan agar lebih banyak lagi pilihan mesin biogas," ujar Rafael Santana, Presiden dan CEO Mesin Gas untuk GE Energy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com