Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga CPO Berjangka Ditutup Naik

Kompas.com - 23/08/2011, 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada penutupan perdagangan di MDEX (Malaysia Derivatives Exchange) harga CPO ditutup naik, Selasa (23/8/2011). Harga CPO berjangka untuk penyerahan September 2011 ditutup pada level harga 3.125 ringgit Malaysia per ton dari harga sebelumnya 3.115 ringgit Malaysia.

Kenaikan harga CPO juga terjadi di BKDI (Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia). Harga CPOTR untuk penyerahan September 2011 ditutup pada level harga Rp 9.000 per kilogram atau menguat sebesar Rp 5 per kilogram.

Kenaikan harga minyak kelapa sawit mentah atau CPO dikarenakan adanya kekhawatiran bahwa cuaca panas di Amerika Serikat akan mengurangi pasokan kedelai, sehingga meningkatkan permintaan untuk komoditas tropis yang digunakan dalam makanan dan bahan bakar.

Kedelai dan CPO merupakan produk yang saling bersubtitusi sebagai bahan biofuel. Kenaikan harga CPO juga dipengaruhi oleh kekhawatiran bahwa produksi di Indonesia dan Malaysia, dua penghasil terbesar, diperkirakan jatuh bulan ini seiring berkurangnya jam kerja buruh selama bulan puasa yang dimulai 1 Agustus hingga Idul Fitri.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com