Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Ungkap Evolusi Badai Matahari

Kompas.com - 19/08/2011, 21:32 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - NASA berhasil mengungkap evolusi badai Matahari atau lebih tepatnya lontaran massa korona (CME), mulai dari pembentukannya di korona Matahari hingga sampai ke Bumi. Proses evolusi tersebut didokumentasikan dalam video yang dirilis pada konferensi pers yang diadakan Kamis (18/8/2011) kemarin.

"Ini kemajuan besar. Sekarang kami benar-benar bisa melihat bagaimana CME bergerak di angkasa. Sangat mengagumkan bisa melihatnya dan ini benar-benar membantu prediksi kami," kata Alysha Reinard dari Space Wheater Prediction, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) kemarin.

Proses evolusi tersebut berhasil diungkap ketika wahana antariksa Stereo A berhasil menangkap pergerakan lontaran massa korona pada tahun 2008. Saat itu, Stereo A sedang berada dalam posisi 45 derajat di orbit Bumi sehingga lima kamera yang dimilikinya bisa melihat pergerakan lontaran massa korona dengan jangkauan lebih luas.

Berdasarkan rekaman video tersebut, lontaran massa korona diketahui mengalami perubahan bentuk dan intensitas cahaya dalam perjalanannya dari korona ke Bumi. Gambaran lengkap tentang perubahan bentuk dan intensitas cahaya itu bisa diamati lebih detail dalam gambar di atas dan video berikut.

Rekaman video evolusi lontaran massa korona baru dirilis kemarin karena sulitnya memproses citra yang ditangkap Stereo A. Saat lontaran massa korona memasuki orbit Venus, ia menjadi 1 milyar kali lebih redup dari cahaya Bulan Purnama. Ilmuwan harus menemukan teknik tertentu sehingga bisa menyajikannya dalam citra yang mudah ditafsirkan.

Dengan terungkapnya evolusi itu, ilmuwan bisa memprediksi lebih akurat kapan lontaran massa korona atau badai Matahari sampai ke Bumi serta dampak yang mungkin muncul. "Di masa lalu, prediksi terbaik kami punya plus minus sekitar 4 jam. Proses yang ditunjukkan dalam video ini bisa mengurangi error itu," kata Reinhard.

Selain mengungkap proses evolusi, dengan Stereo A, ilmuwan juga berhasil mengidentifikasi daerah aktif di bawah permukaan Matahari pemicu lontaran massa korona, sehari atau dua hari sebelum lontaran benar-benar terjadi. "Ini adalah waktu yang sangat dinamis dalam sejarah heliofisika," kata Madulika Guhatharkuta, ilmuwan program Stereo NASA, seperti dikutip SPACE.com kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com