Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghapusan TN Komodo Dikecam

Kompas.com - 18/08/2011, 03:19 WIB

Jakarta, Kompas - Kebijakan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata yang menarik Taman Nasional Komodo sebagai finalis Tujuh Keajaiban Alam Baru atau New Seven Wonders of Nature dikecam banyak kalangan. Kembudpar dianggap keliru memahami dan menerjemahkan promosi wisata dunia tersebut.

”Taman Nasional Komodo sebagai finalis tidak bisa dicabut siapa pun. Itu pilihan masyarakat dunia melalui pemberian suara setelah menyisihkan ratusan alternatif lainnya,” kata Emmy Hafild, Ketua Pendukung Pemenangan Komodo, Rabu (17/8).

Menurut Emmy, penyelenggaraan Tujuh Keajaiban Alam Baru oleh New 7 Wonders Foundation memang bersifat komersial, seperti penyelenggaraan Formula 1 atau American Idol yang pemenangnya ditentukan lewat pemungutan suara. Karena itu, penyelenggaraan kegiatan ini pun harus komersial dengan melibatkan banyak sponsor.

Biaya sekitar 45 juta dollar AS atau sekitar Rp 383 miliar yang disebutkan New 7 Wonders Foundation tersebut merupakan perkiraan jika Indonesia menjadi tuan rumah.

”Saya tidak setuju jika biaya sebesar itu dibebankan kepada APBN. Ini kegiatan komersial sehingga harus dikelola juga secara komersial. Kembudpar hanya memfasilitasi, sedangkan pengelolaannya diserahkan kepada swasta,” kata Emmy.

Menurut Emmy, untuk mempromosikan komodo sebagai Tujuh Keajaiban Alam Baru, pihaknya tidak membayar lisensi apa pun kepada New 7 Wonders Foundation. Didorong keinginan untuk mempromosikan komodo, pihaknya kemudian menjalin kerja sama dengan operator XL, Telkomsel, dan Indosat.

”Karena pemberian suara melalui internet masih sulit bagi masyarakat Indonesia, masyarakat cukup mengirimkan suara lewat layanan pesan singkat (SMS) dengan mengetik ”komodo” ke 9818,” kata Emmy.

Dari biaya Rp 1.000 per SMS akan disisihkan untuk operator, content provider, serta promosi dan pengembangan pariwisata NTT, termasuk Pulau Komodo.

”Perselisihan Kembudpar dengan New 7 Wonders Foundation jangan sampai mengorbankan Komodo sebagai pilihan masyarakat dunia,” kata Emmy.

Jika promosi komodo berhasil, bukan hanya Taman Nasional Komodo yang dikembangkan, tetapi juga wisatawan mancanegara juga diajak untuk menyaksikan potensi pariwisata alam lainnya di Nusa Tenggara Timur, seperti Danau Kelimutu, Kampung Megalitik Bena, dan Pulau Ndana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com