Pesawat Antariksa Juno Segera ke Yupiter

Kompas.com - 02/08/2011, 08:08 WIB

KOMPAS.com — Juno, pesawat ruang angkasa milik NASA, akan memulai perjalanan untuk misi kunjungan ke Planet Yupiter. Perjalanan ke sana diperkirakan membutuhkan waktu lima tahun.

Robot penjelajah seharga 1,1 miliar dollar AS tersebut akan diluncurkan pada 5 Agustus 2011 dari Launch Complex 41 di Cape Canaveral, Florida. Juno akan menjadi salah satu dari tiga misi yang akan diluncurkan NASA. Juno yang dibuat di Astrotech Space Operations di Titusville itu akan diterbangkan dengan roket United Launch Alliance Atlas V pada pukul 11.34 hingga 12.33 siang waktu setempat.

Misi kali ini bertujuan untuk mempelajari pembentukan, evolusi, dan struktur Planet Yupiter yang merupakan planet terbesar dalam sistem tata surya. Penelitian ini diharapkan menghasilkan petunjuk tentang asal dan evolusi sistem tata surya selama 4,5 miliar tahun silam.

Juno diperkirakan sampai di Yupiter pada 2016, memasuki orbit yang melingkari kutub planet, dan mendekat 5.000 kilometer dari puncak awannya. Sejumlah peralatan dibawa serta untuk mengukur kadar air dan oksigen dalam atmosfer Yupiter serta mencari tahu apakah planet tersebut memiliki inti padat.

Selain misi ke Yupiter, September nanti, NASA juga merencanakan peluncuran pesawat ke bulan dan menjelajahi Planet Mars dalam misi Mars Science Laboratory pada bulan November. (National Geographic Indonesia/Ni Ketut Susrini)