Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Pulih, Harimau Tak Dilepas

Kompas.com - 19/07/2011, 13:46 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Pelepasliaran harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang dikandangkan warga pada 9 Juli lalu masih menunggu pulihnya kondisi hewan tersebut.

Sebelumnya, harimau itu dikandangkan warga di Hutan Pandawa, Korong Tarok, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Staf Konservasi Keanekaragaman Hayati, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumbar, Rully Permana, Selasa (19/7/2011), memastikan hal tersebut.

Ia mengatakan, harimau yang saat ini berada di Taman Marga Satwa Budaya Kinantan, Kota Bukittinggi, itu akan kembali diperiksa secara intensif oleh seorang dokter pada Rabu (20/7/2011).

Berdasarkan pemeriksaan terakhir, harimau betina yang tengah menyusui itu diketahui mengalami luka di bagian kakinya. "Kuku di bagian kaki kiri depannya diketahui hilang," ujarnya.

Upaya survei lokasi yang minim gangguan juga masih akan dilakukan sebelum harimau itu dilepas ke alam liar. Harimau itu nantinya juga akan dilengkapi perangkat global positioning system (GPS) untuk memantau pergerakannya selama setahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com