Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain iPhone 4, Nexus S Juga Dibawa ke Luar Angkasa

Kompas.com - 12/07/2011, 10:50 WIB

KOMPAS.com - Selain membawa iPhone 4, astronot juga membawa ponsel Android ke luar angkasa dalam misi ulang alik Atlantis yang diluncurkan Jumat (8/7/2011). Kedua ponsel Samsung Nexus S itu akan digunakan untuk melakukan beberapa eksperimen.

Nexus S akan digunakan sebagai pusat komputasi satelit mikro yang diberi nama SPHERE (Synchronized Position Hold, Engage, Reorient, Experimental Satellites). Satelit ini melayang di dalam stasiun antariksa dan diuji coba untuk melakukan berbagai kegiatan yang membantu tugas astronot seperti survei gudang atau inspeksi ruangan demi ruangan.

"Dengan menambahkan smartphone, kami dapat mengubah SPHERE lebih pintar lagi. Dengan sebuah smartphone, SPHERE memiliki kamera built in untuk mengambil foto dan video, sensor-sensor untuk melakukan sejumlah inspeksi, sebuah unit komputasi yang canggih untuk melakukan kalkulasi, dan koneksi WiFi yang digunakan untuk transfer data secara real time di luar angkasa dan kepada pengendali misi," kata DW Wheeler, kepala insinyur di Kelompok Riset Robotika Ames Research Center, milik NASA di California, AS.

SPHERE merupakan satelit buatan MIT hasil kerja sama Dephan AS dan NASA. Saat ini sudah ada tiga buah satelit digunakan sejak dikirim tahun 2006. Sistem komputasi yang digunakan jauh lebih rendah ketimbang smartphone. Namun, perancangnya menyediakan port yang memungkinkan ditambahkannya perangkat lain. Nexus S merupakan smartphone pertama yang tersertifikasi untuk bisa ditambahkan ke port tersebut.

Kalau Nexus S meningkatkan kecanggihan SPHERE, iPhone 4 akan digunakan untuk melakukan eksperimen berbasis smartphone lewat aplikasi Space Lab for iOS. Aplikasi tersebut dirancang untuk mengetes kamera, giroskop, dan sensor lainnya di luar angkasa. Salah satu eksperimen yang juga dilakukan adalah untuk menguji dampak radiasi luar angkasa terhadap memori komputer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com