Pertama Kali, Raflesia Mekar di Cibodas

Kompas.com - 03/07/2011, 12:18 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Bunga raflesia mekar di Kebun Raya Cibodas. Kali ini, spesies yang mekar adalah Rafflesia rochussenii yang masih merupakan kerabat Rafflesia arnoldi dan Rafflesia patma yang tumbuh di Kebun Raya Bogor.

"Bunga sudah mekar dari hari Jumat. Diameter bunga 12 cm dan tingginya hanya 4 cm. Memang kecil," ungkap Dr Didik Widyatmoko, Kepala UPT BKT Kebun Raya Cibodas, ketika dihubungi pada Minggu (3/7/2011).

Didik menambahkan, ini merupakan kali pertama bagi raflesia bisa mekar di Kebun Raya Cibodas. "Sebelumnya pernah dicoba, tetapi baru kali ini berhasil. Kami berhasil menumbuhkan dengan inang Tetrastigma dichotomum," kata Didik.

Rafflesia rochussenii membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk mekar. Menurut Didik, spesies itu tidak punya periode mekar. Namun, keberhasilan untuk mekar sangat dipengaruhi kondisi habitat, terutama faktor kelembaban.

"Saat ini, Kebun Raya Cibodas sudah memiliki alat baru untuk pendataan. Dengan alat itu, nanti secara ilmiah kita bisa tahu pengaruh suhu, kelembaban, hingga kecepatan angin pada mekarnya bunga," ungkap Didik.

Didik menambahkan, "Keberhasilan ini menunjukkan bahwa raflesia bisa tumbuh di rentang ketinggian yang lebar. Ketinggian Kebun Raya Bogor 250 meter di atas permukaan laut (250 mdpl), sementara Kebun Raya Cibodas 1.300 mdpl."

Rafflesia rochussenii yang sedang mekar bisa disaksikan oleh publik. Namun, untuk menjaga agar tak merusak habitat Kebun Raya Cibodas, pengunjung harus dibatasi 10 orang per periode.

Rafflesia arnoldi, Rafflesia patma, dan Rafflesia rochussenii terletak pada satu genus. Perbedaan paling mencolok ada pada ukurannya. Rafflesia rochussenii punya ukuran yang lebih kecil dari spesies lain.

Didik menambahkan, "Rafflesia rochussenii merupakan spesies endemik Jawa Barat, dan diduga saat ini hanya ditemukan di kawasan hutan Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Salak."

Menurut Didik, spesies ini optimal tumbuh di lantai hutan ketinggian 700-1.400 mdpl. Vegetasi spesies didominasi oleh tumbuhan suku Fagaceace. Sebelumnya, tumbuhan ini juga pernah ditemukan di Garut, Palabuhan Ratu, dan Bandung Selatan.