Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Dipicu Anomali Cuaca

Kompas.com - 30/06/2011, 22:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan lebat di kawasan barat Indonesia yang terjadi beberapa hari ini diperkirakan akan turun hingga sepekan mendatang. Hal tersebut dipicu anomali cuaca yang disebut Madden-Julian Oscillation. Gangguan cuaca ini diperkirakan bertahan selama sebulan.

Menurut Kepala Subbidang Cuaca Ekstrem, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kukuh Ribudianto, Rabu (29/6/2011), hujan di barat Indonesia itu selain akibat Madden-Julian Oscillation (MJO) juga terkait hangatnya muka laut di perairan barat dan tengah Indonesia. Sirkulasi udara juga tertutup di Sumatera bagian selatan. Fenomena MJO beberapa hari terakhir ini terpantau di Samudra Hindia, belum masuk Indonesia, tetapi berimbas di wilayah barat Indonesia.

"Gangguan cuaca ini akan bergerak ke timur dan mengakibatkan hujan lebat di wilayah yang dilalui. Perlu 30 hari hingga 40 hari untuk sampai ke Samudra Pasifik," kata Kukuh. Selama itu, peluang hujan lebat secara sporadis akan terjadi di Indonesia.

Saat ini sebagian besar perairan Indonesia bersuhu sekitar 29 derajat celsius. Terjadi penghangatan suhu muka laut. Uap air yang terbentuk akibat MJO dan suhu laut yang menghangat di kawasan barat Indonesia, kata Kukuh, terakumulasi karena sirkulasi udara tertutup di bagian selatan Sumatera. Selain itu, ada pola angin belokan yang membuat distribusi uap air ke wilayah sekitar ekuator. Bagi Indonesia, dinamika cuaca itu akan memunculkan suplai hujan pada saat kemarau. (YUN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com