Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Mengukur Sensasi Menjadi Mini

Kompas.com - 03/06/2011, 18:46 WIB

KOMPAS.com - Bjorn van der Hoort dari Karolinska Institute di Swedia dan rekannya, Henrik Ehrsson, melakukan penelitian unik. Keduanya hendak mengetahui, bagaimana sensasi manusia ketika menjadi mini. Untuk melakukannya, mereka menggunakan kamera dan boneka.

Sejumlah sukarelawan diminta mengenakan headset dan terhubung dengan kamera yang akan memberikan sudut padang orang pertama lewat boneka. Kemudian, ilmuwan menyentuh tubuh sukarelawan dan bagian boneka sehingga sukarelawan merasa ada dalam tubuh boneka karena melihat boneka tersebut.

"Kesimpulannya adalah bahwa kita menggunakan ukuran tubuh kita untuk menginterpretasikan besar kecilnya dunia. Jika anda pergi ke wilayah yang sering anda kunjungi ketika anak-anak, itu akan tampak lebih kecil," urai van der Hoort seperti dikutip New York Times, Minggu (30/5/11). 

Penelitian ini bisa bermanfaat dalam dunia medis, misalnya meningkatkan pengalaman dokter bedah saat menggunakan robot dalam operasi.

"Bayangkan jika mereka benar bisa merasakan menjadi kecil, robot kecil yang bisa masuk ke telinga seseorang dan melakukan pembedahan," kata van der Hoort. Penelitian van der Hoort dipublikasikan di jurnal PlosOne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com