Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Armageddon" Mungkin Terjadi di Selat Sunda

Kompas.com - 18/05/2011, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam Andi Arief mengatakan, tak menutup kemungkinan armageddon atau hari kiamat terjadi di Selat Sunda dalam waktu yang tak bisa diprediksikan.

Sebelumnya, Andi memperkirakan akan terjadi gempa berkekuatan 8,7 skala Richter di Selat Sunda. "Kejadian di Aceh, Merapi, di Selat Sunda, ini sepertinya gempa-gempa dan letusan gunung api purba, bukan jenis gempa yang datang dalam 100-200 tahun. Itulah mengapa, sekarang ini, juga melalui Kementerian PU, sedang dihitung kembali karena kita takut lebih, jangan-jangan bukan gempa 8,7 SR, tapi 9,0 SR," ujarnya.

"Kalau 9 SR, saya berulang kali bilang, jangan-jangan itu bisa armageddon di Selat Sunda. Tapi, pengetahuan ini bukan untuk menghentikan pembangunan Selat Sunda," kata Andi kepada para wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/5/2011).

Andi membantah pemberitaan media bahwa dirinya mengatakan akan terjadi gempa yang melanda Jakarta. Menurutnya, gempa berkekuatan 8,7 SR akan terjadi di Selat Sunda. Gempa ini akan memengaruhi ke daerah-daerah di sekitar Selat Sunda, termasuk Jakarta.

Andi mengatakan, dirinya telah melaporkan kepada Presiden mengenai kemungkinan terjadinya gempa. Presiden pun menginstruksikan untuk mengkaji ulang hasil penelitian tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com