Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vasektomi dengan Sekali Injeksi

Kompas.com - 18/05/2011, 11:50 WIB

KOMPAS.com — Para pria yang memutuskan untuk membatasi jumlah anaknya dan ingin melakukan vasektomi, dalam waktu dekat bisa memilih vasektomi metode terbaru. Bukan cuma praktis, hanya sekali suntik, kelebihan lainnya adalah kesuburan bisa dikembalikan lagi.

Vasektomi atau pemotongan saluran benih untuk menghambat transportasi sperma yang keluar dari testis sehingga air mani yang keluar tidak mengandung sperma, selama ini masih dilakukan dengan tindakan operasi singkat.

Meskipun vasektomi tidak menurunkan gairah seksual, tetapi setelah divasektomi, kesuburan tidak bisa dikembalikan lagi.

Dalam vasektomi terbaru yang saat ini sedang dalam tahap akhir penelitian ini, pria yang akan melakukan vasektomi cukup disuntik saja. Prosedurnya sangat sederhana, pria akan disuntik dengan zat kimia yang disebut Reversible Inhibition of Sperm Under Guidance (RISUG). Kandungan tersebut akan melapisi bagian dalam saluran benih dan akan membunuh sel sperma yang melewatinya.

Menurut Sujoy Guha, peneliti dari India yang sudah 30 tahun meneliti kontrasepsi pria ini, dalam teknik vasektomi baru ini produksi sperma tidak akan dihambat. Malahan itu akan bekerja seperti jalan bebas hambatan bagi sperma.

Kelebihan lain adalah kesuburan dapat dengan mudah dikembalikan. Jika Anda memutuskan untuk memiliki anak kembali, suntikan lain akan mengeluarkan kandungan kimia keluar dari sistem tubuh.

Setelah penelitian kimia selama 15 tahun, RISUG saat ini sudah mencapai tahap akhir penelitian dan mendapat persetujuan dari badan obat di India. Kini sedang diupayakan untuk persetujuan untuk diedarkan di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com