Jumat, 1 Agustus 2014

News / Kolom

Apakah Tempat Usaha Disesuaikan Waktu Kelahiran?

Selasa, 26 April 2011 | 18:43 WIB

PERTANYAAN Pak Steven yang baik, saya ingin mengajukan pertanyaan, bisnis atau usaha apa yang cocok buat saya, dan bila saya ingin membangun tempat usaha untuk saya sendiri, apakah arah hadap dari tempat usaha saya ini harus disesuaikan dengan tanggal dan tahun kelahiran? Saya lahir tanggal 28 Agustus 1975. Mohon bantuan sarannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Anna Rin, Jakarta

HOKIPLUS: Terima kasih atas pertanyaan Anda. Congratulation, karena sebentar lagi Anda bisa mendapatkan hoki besar. Semestinya Anda melengkapi data kelahiran dengan jam lahir bila ada. But it’s ok. Karena masih tetap bisa dikaji.

Dalam perhitungan hoki ilmu China dan Jawa kuno, hoki Anda sebenarnya termasuk kategori bagus. Dalam arti kata bila mau untuk mempelajari sesuatu hal yang baru, maka Anda termasuk orang yang cepat mengerti atau cepat mempelajarinya alias quick learning.

Sesuai dengan pertanyaan Anda mengenai arah hadap tempat usaha mesti disesuaikan tersebut adalah benar dan jenis bisnis haruslah disesuaikan dengan hoki yang ada dalam diri sendiri. Mengapa demikian? Pernahkan kita mengkaji bahwa setiap kelahiran manusia selalu berbeda–beda. Tahun mempunyai kode alam tahunan, bulan terdiri 12 bulan dalam kalender internasional dan 13 bulan bila dikaji dalam kalender China. Belum lagi bila kita menyimak tanggal dan jam lahir setiap orang dimana selalu ada perbedaan, sekalipun lahir menjadi anak kembar.

Belum lagi bila kita mengkaji komposisi hoki keluarga dan tempat usaha. Yang jelas komposisi manusia yang terbentuk menjadi berbeda–beda. Seperti contah anak kembar. Mengapa lahir sama, tetapi kehidupan setelah berkeluarga menjadi beda. Ini adalah bukti pengaruh kuat komposisi hoki manusia dalam membentuk kreativitas dan kinerja. Karena suami-istri dan anaknya berbeda kelahiran suatu saat ketika telah menikah.

Berbicara tentang membangun tempat usaha, sesuatu hal yang istimewa adalah lokasi lahan tersebut. Bertahun–tahun penelitian tentang tempat usaha yang baik dikaji oleh berbagai perusahaan.

Melalui metode traffic yang berada pada suatu daerah, maupun titik tempat ramai menentukan kelayakan tempat usaha. Posisi strategis yang selalu dicari. Akan tetapi banyak developer membangun lahan baru didaerah yang sepi dan tanahnya cendrung murah, di kemudian hari malah jadi mahal.

Namun yang unik adalah banyak tempat usaha yang fasilitasnya sangat minim, bahkan cendrung tidak memuaskan dan tidak nyaman, malah banyak dikunjungi pembeli dari berbagai daerah.

Seperti contohnya Harco Glodok Jakarta atau Pasar Atum Lama Surabaya. Barangkali bila pernah mengunjungi tempat tersebut, maka yang heran adalah mengapa malah banyak pengunjung yang datang. Apakah mereka tidak merasa panas atau sumpek dengan kondisi yang ada?Nah jawaban yang lebih spesifik sebenarnya berada pada posisi nyawa tanah yang mana dalam ilmu Jawa kuno terkenal dengan lima kelas nyawa tanah.

Lima kelas nyawa tanah ini bisa dikaji ketika beberapa komposisi kemiringan tanah dilihat berdasarkan struktur tanah asal bawaan sebelum diuruk atau ditimbun. Barangkali kita pernah mendengar bahwa jangan pernah memakan tanah orang, karena ketika meninggal, maka sulit dikubur. Sebagian orang percaya, sebagian orang tidak. Tergantung kepada orang yang pernah mengalaminya.

Barangkali kita pernah mengalami sesuatu hal yang berbeda tentang kenyamanan di suatu rumah, dimana posisi rumah tersebut hanya bersebelahan atau seperti kebiasaan menginap dirumah tetangga. Orang heran mengapa lebih nyaman menginap dirumah tetangga, padahal hanya bersebelah saja. Ini merupakan bukti, tanah itu ada nyawa tanahnya. Bahkan cendrung seperti adanya Qodam atau penunggu tanah. Yang jelas masing–masing rumah berbeda - beda.

Lima kelas atau lima jenis tanah tersebut terdiri dari:

1. Pancuran Emas, kelas tertinggi dan paling banyak rezekinya.

2. Garuda Ngupuk atau Ngantong seperti kuali, bukan ngantong depan kecil belakang besar.

3. Junjung Derajat, mempunyai wibawa tinggi dan disegani di mana–mana.

4. Miring Biasa, cenderung miring ke barat, timur, utara, selatan.

5. Naas, tanah yang selalu membawa keributan dan seret rezeki, cenderung disebut tanah siluman.

Dalam ilmu hoki China kuno, Anda tergolong shio Kelinci, Elemen Air dan unsur Yin. Tahun 2011 rezeki akan datang sekitar bulan Agustus. Hindari bepergian jauh dan selalu jaga kesehatan. Arah terbaik berada pada posisi menghadap Barat atau Barat laut.

Bisnis yang cocok untuk Anda adalah bisnis yang berkaitan dengan elemen Logam. Seperti dagang perhiasan emas, perak, bahan bangunan, elektronik. Bisnis yang ada kandungan Logam lebih menguntungkan Anda.

Barengi niat untuk beramal setelah mendapatkan hasil. Karena dari perhitungan hoki, semua uang bisa habis untuk mengobati penyakit Anda di masa tua bila tidak beramal. Amalkan ke fakir miskin atau panti asuhan.

Jangan terlalu prihatin terhadap masalah keluarga dan orangtua. Semua masalah mesti ada jalan keluarnya. Hati-hati dalam pergaulan, jangan mudah terpengaruh sama janji muluk. Semoga jawaban ini memuaskan. 2011 Happy Cuan 888.

*) The Steven Eric Lazuardi, konsultan Hokiplus


Editor : Robert Adhi Kusumaputra