Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlindungan Karst Harus Menyeluruh

Kompas.com - 16/02/2011, 20:25 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Dinamisator Wilayah Jaringan Advokasi Tambang Kaltim, Kahar Al Bahri mengutarakan, untuk menjaga kawasan karst Kaltim agar lestari, butuh kepedulian banyak pihak. Dari provinsi, kabupaten, pusat, dan masyarakat. "Jangan sampai penyelamatan karst seperti pada penambangan batu bara dan penebangan hutan. Di sekeliling karst juga diperhatikan," ucapnya.

Ada 60.000-an hektar karst di Kalimantan Timur, membentang di wilayah Kabupaten Berau hingga Kabupaten Kutai Timur (sering disebut kawasan karst Sangkulirang-Mangkaliat Peninsula). Namun jumlah ini, seperti dkatakan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur, Tandya Tjahjana masih akan diteliti lagi.

Karst Sangkulirang memiliki aneka satwa unik seperti kecoa raksasa, beberapa jenis kelelawar, hingga spesies ikan transparan dan ikan buta.

Ada juga jejak-jejak peradaban masa lalu seperti tapak tangan manusia purba. Prasasti-prasasti dari Kerajaan Kutai juga terhampar di sekeliling karst.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com