Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merusak Ternak, Beruang Dibantai Warga

Kompas.com - 10/02/2011, 22:07 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Seekor Beruang jantan dilaporkan tewas akibat dibunuh warga di Gampong (Desa) Kuta Trieng Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (10/2/2011).

"Beruang berusia dewasa itu dibunuh sebagai akumulasi kekecewaan masyarakat akibat keganasannya yang memangsa ternak unggas dan merusak rumah warga," kata Anggota DPRK Aceh Selatan, Azmir di Tapaktuan, Kamis.

Warga juga mengaku kecewa terhadap instansi terkait yang tidak melakukan penanganan keganasan terhadap satwa liar yang telah meresahkan itu.

Muncul satwa dilindungi itu sejak beberapa dua pekan terakhir di pemukiman penduduk telah memangsa puluhan ternak ayam dan itik serta merusak dinding rumah milik Usman (60) pada Selasa.

"Tidak hanya merobohkan dinding, satwa liar itu juga merusak peralatan mamasak," katanya.

Politisi dari PKPB Aceh Selatan itu mengatakan, tiga ekor beruang berwarna hitam itu tidak hanya berkeliaran di pemukiman penduduk Desa Kuta Trieng, bahkan hingga ke Desa Pante Geulima, Ie Klung dan Pulo Ie.

Aparat desa beserta Muspika kecamatan Labuhan Haji Barat telah melaporkan keberadaan beruang itu ke Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Tapaktuan, namun hingga saat ini belum ditanggapi.

Ia berharap pihak terkait segera menanganinya dengan cara menangkap atau menggiring kembali ke habitatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com