Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Memang UFO, Pasti Ada "Sesuatu"

Kompas.com - 24/01/2011, 10:39 WIB

KOMPAS.com — Fenomena crop circle atau lingkar taman yang terjadi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (23/1/11), hingga kini masih menjadi misteri. Ada yang menyebutkan bahwa fenomena tersebut merupakan jejak UFO, tetapi ada pula yang berpendapat bahwa lingkar taman itu hanya buatan manusia ataupun fenomena alam biasa.

Mantan Kepala Observatorium Bosscha Moedji Raharto mengatakan, "Kalau memang fenomena itu disebabkan oleh UFO atau alien, pasti mereka meninggalkan sesuatu. Tidak mungkin mereka datang tidak membawa apa-apa." Menurut dia, sesuatu yang ditinggalkan itu bisa digunakan sebagai dasar analisis untuk mengetahui kebenarannya.

Moedji melanjutkan, analisis kimia tanah bisa dilakukan untuk mengetahuinya. "Kita bisa lihat apakah ada perubahan unsur kimiawi pada tanahnya, apakah sama dengan lingkungannya," katanya. Jika memang merupakan jejak UFO, perbedaan unsur kimiawi pasti ada. Sama seperti meteorit yang berbeda unsur kimia dengan tanah.

Namun, Moedji mengungkapkan bahwa tidak mudah untuk melakukan deteksi itu. Pasalnya, si alien dan UFO-nya pasti datang dengan membawa unsur kimia yang agak langka sehingga sulit diidentifikasi. Belum diketahui dengan pasti unsur kimia yang membedakan sebab kehadiran UFO ke bumi memang belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com