Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Rhea Jepretan Cassini

Kompas.com - 19/01/2011, 16:06 WIB

KOMPAS.com - Wajah Rhea, satelit terbesar kedua Planet Saturnus berhasil dijepret oleh wahana antariksa Cassini. Citra Rhea dijepret Selasa minggu lalu (11/1/2011), pada jarak 69 kilometer dari permukaannya.  

Salah satu citranya menggambarkan Rhea tengah berada di tengah, bersama dengan cincin Saturnus. Di latar citra itu, terpotret juga satelit Saturnus lainnya yaitu Dione (di atas Rhea), Thethys (paling kiri) dan Epimetheus (titik di sebelah kanan Thethys).

Selain citra tersebut, Cassini juga menjepret citra close up yang menggambarkan permukaan Rhea dengan kawah-kawah dan patahan yang memanjang. Ada pula citra close up yang menggambarkan bayangan cahaya matahari pada dasar kawah Rhea.

Rhea memiliki diameter 1528 km. Satelit ini ditemukan oleh astronom Italia bernama Giovanni Cassini pada tahun 1672. Meski Rhea merupakan satelit terbesar kedua Saturnus, ukurannya tak sampai sepertiga dari Titan, satelit terbesar Saturnus.

Sementara, Cassini merupakan pesawat antariksa yang diluncurkan NASA untuk mempelajari Saturnus, cincin dan satelitnya. Cassini telah mengobservasi Saturnus sejak sampai memasuki orbitnya pada tahun 2004. Sejauh ini, citra rhea merupakan citra terbaik yang diambil Cassini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com