Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

31 Penyu Selundupan Dilepas ke Laut

Kompas.com - 10/01/2011, 19:33 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Setelah mengamankan 38 penyu langka jenis penyu hijau dari upaya penyelundupan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, aparat Polair Polda Bali langsung melepas 33 penyu yang masih hidup ke habitat asalnya laut lepas. Jika biasanya Polda melepas penyu hasil tangkapan ke Kuta, kali ini penyu yang rata-rata berusia 10 tahun ke atas ini dilepas di pantai Sanur.

“Disini kan ada kawasan terumbu karang, diharapkan dengan pelepasan disini dapat menjadi salah satu daya tarik wisata Sanur,” ujar Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Gede Sugianyar Dwi Putra disela-sela pelepasan penyu selundupan di pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Senin (10/1/2011).

Pelepasan penyu ini mendapat perhatian wisatawan, dan warga sekitar yang sedang berada di pantai matahari terbit Sanur. Mereka pun sangat antusias untuk membantu polisi melepas penyu-penyu ini ke laut. Meski gelombang cukup tinggi, bukan halangan bagi mereka untuk mengembalikan satwa yang dilindungi dunia internasional ini ke habitat asalnya.

“Pelepasan penyu ini untuk menyadarkan warga bahwa penyu adalah satwa yang dilindungi dan tidak boleh dikonsumsi, mereka juga berkewajiban untuk melestarikan penyu,” jelas Sugianyar.

Namun, di saat terakhir pelepasan terjadi sedikit insiden yang menyebabkan 2 penyu gagal kembali ke habitatnya. Akibat tersapu ombak dan terbentur karang 2 ekor penyu mengalami luka dan harus mendapat perawatan. Akibat kejadian ini, jumlah penyu yang berhasil dikembalikan ke laut adalah 31 ekor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com